mengurangi berat badan tanpa diet

setelah lulus kuliah dan kembali menghirup udara Jakarta lagi, tanpa disengaja tanpa diduga-duga banyak yang bilang kalo gue ‘agak kurusan’ dibanding waktu kuliah. Sebenernya dalam hati, sebagai wanita pada umumnya tentu saja sebenernya seneng banget hahahaha tapi agak heran juga sih kemana perginya si lemak-lemak itu. pantesan pas pake celana-celana kerja kok ini agak longgar ya, dalem hati ah mungkin emang celananya udah melar kali ya. Lalu mulailah gue menginvestigasi, kemana hilangnya si lemak-lemak dan daging-daging berlebih itu. usut punya usut ternyata berhubung gue ga punya alat timbangan berat badan di rumah jadilah gue ga nyadar kalo si daging-daging berelebih itu sedikit-sedikit udah pada kabur. terus pertanyaannya, kok bisa? apa yang udah gue perbuat untuk mengusir mereka. *apasih

oke ladies, jadi begini ya, tanpa diniatkan tanpa diusahakan, alhamdulillah semenjak mencari nafkah di ibukota ini gue berhasil menghilangkan kira-kira 8-9 kg. tapi itu ga dalam waktu singkat ya girls. Aduh sebenernya malu mau nulis angka-angka berikut ini, pas wisuda S1 berat gue… jengjengjeng… 57 kg *ohmaigad*, lalu sekarang… *alhamdulillah* 49 kg. pernah mencapai 48 kg juga sih *pas ramadhan hahahaha*. itu semua tanpa gue sama sekali melakukan diet, olahraga mati-mati-an atau hal-hal sejenisnya. makan juga biasa aja, bebas. kadang sih emang ga doyan makan kadang makan kaya orang ga makan dua bulan, barbarrr. tapi mostly perangai makan gue barbar sih ya. sampe dikantor sekarang ini gue dituduh memelihara naga didalem perut, karena makan gue banyak banget tapi katanya badan gue segitu-gitu aja.

jadi begini ceritanya ladies. setelah gue inget-inget ternyata begini cerita kenapa si daging-daging berlebih itu mulai berkurang dari badan gue.

#1 Menggunakan transportasi umum

jadi girls, kira-kira hampir 1.5 tahun *bayangin 1.5 tahun*, rumah gue yang di daerah super duper macet sebut saja daerah Ciledug, dan kantor gue dibilangan Wijaya (jaksel), dan berhubung gue ga bisa mengendarai jenis kendaraan apapun selain sepeda dan juga sebagai warga negara yang baik untuk tidak membuat Jakarta tambah macet, jadilah gue harus menggunakan transportasi massal yang sangat ekslusif nan mewah bagi kalangan… pengamen & copet *fyuh*  yang dikenal dengan nama Metromini. setiap hari pulang-pergi gue harus naik itu, yang mana macet + udara jakarta yang sumpek akan membuat lo berkeringat tanpa harus repot-repot berolahraga. dengan sabarnya gue harus menghalau segala jenis kejenuhan berada didalam transportasi umum super mewah itu karena ga ada lagi yang bisa dilakukan. bawa motor ga berani, mobil belom sanggup beli, ojek mahal, taksi apalagi. jadi ya sudahlah terima saja. biasanya sesampainya di rumah sepulang kerja gue jadi udah ga pengen makan malam lagi saking capenya, cuma langsung pengen istirahat / tidur.

jadi gitu ladies, pertama gue berkeringat tanpa harus olahraga, hanya dengan duduk manis didalem Metromini Blok M – Ciledug. kedua gue tidak harus tersiksa kelaparan untuk tidak makan malam, yang konon ritual yang sangat dijaga oleh para wanita yang sedang diet. karena dengan sendirinya sudah ga nafsu makan lagi saking capeknya bermacet-macetan ria selama 1.5 – 2 jam.

#2 Hiking

ini kayanya udah pernah gue posting di postingan sebelumnya. ya ini salah satu yang sangat juga menyenangkan dari hiking. biasanya sepulang hiking gue akan merasa ringan dan baju-baju terasa longgar, karena membawa tas carrier dan menempuh perjalanan menanjak dan menurun berjam-jam yang membuat sedikit demi sedikit daging-daging berlebih itu mulai berkurang.

 

#3 Puasa di Bulan Ramadhan

Bulan Ramadhan memang bulan penuh berkah dalam hal apapun, terutama juga untuk menurunkan berat badan, biasanya setelah bulan ramadhan berat badan pasti akan berkurang banyak ya. Alhamdulillah sesuatu. karena biasanya saat ramadhan nafsu makan juga akan berkurang *biasanya*. tapi ga semua orang mengalami hal ini. ya pokonya 1-2 kg masa sih ga berkurang. hahaww..

 

#4 Jomblo

huahahahha ini tips atau apa ya namanya. jadi, semasa jomblo dan juga semasa galau dahulu kala, beserta para-para wanita jomblo dikantor lama gue, kami memutuskan untuk melakukan kegiatan seminggu dua kali yaitu ke gym. yang mana gym tersebut adalah fasilitas yang ada dikantor pusat. sebenernya ini tulus hanya untuk mengisi waktu kami-kami para jomblo-ers dan galau-ers saat itu. daripada galau lebih baik mencari kegiatan yang lebih bermanfaat. jadi di lantai paling atas kantor pusat gue dulu, ada satu lantai khusus dijadikan sebagai gym, free untuk semua pegawai. jadi seminggu sekali ada kelas aerobik/pilates/yoga yaitu kalo ga salah hari rabu. lalu hari senin itu ladies day. udah segitu doang, itupun ga setiap minggu kami kesana, karena kadang banyak kerjaan jadi udah males duluan. kadang juga kesana cuman numpang mandi kalo mau ada janji hangout sama temen, hahahaha. pokonya bener-bener ga serius. dan itu juga bertahan kalau ga salah hanya 3-4 bulan, hahaha.

 

~0~

nah jadi begitulah kira-kira ceritanya, entah ini bisa dijadikan contoh yang baik atau enggak. tapi salah satu pelajaran yang gue dapat dari kejadian-kejadian diatas yaitu kurang-kurangilah mengeluh akan kehidupan, dan perbanyaklah bersyukur. InshaAlloh banyak manfaat dari sesuatu hal yang dianggap sebagai sebuah “kekurangan”. salah satunya yang gue alamin ya itu dulu pas jaman-jaman naek metromini sumpek setiap hari plus jaman jomblo galau, ya sabar aja dibawa enjoy and think positively, dan voila… ternyata membuahkan hasil, gue ga perlu repot-repot dan tersiksa untuk diet tetapi dengan sendirinya berat badan yang tadinya berlebih sedikit demi sedikit jadi berkurang. dan sebagai-sebagainya. itu salah satu contoh aja yang bisa gue bagikan dari apa yang terjadi dikehidupan gue. intinya sekali lagi kurangi mengeluh dan perbanyak bersyukur. dan yang paling penting jangan membanding-bandingkan hidup kalian dengan kehidupan orang lain. I do believe that God has written our life’s story perfectly. coz God is the greatest writer of all. last but not least, semua hal kecil maupun hal besar yang terjadi dalam kehidupan ini pasti ada hikmahnya. percaya deh🙂

okey ladies, have a very great day!

 

 

Leave a Reply

