Tips mendaki gunung buat newbie

Hello people!

dilandasi pertanyaan-pertanyaan teman-teman dekat dan juga kemirisan melihat para pendaki pemula yang asal-asalan dengan nyawanya diatas gunung sana, jadilah ingin sekali membagi pengalaman dan pengetahuan seputar kegiatan asyik yg jadi hobi gue ini yaitu mendaki gunung *tsaahh.

Tips -1: Tentukan Destinasi

tentukan lah destinasi anda, saran gue untuk pemula atau yang cuman sekedar ingin merasakan sensasi mendaki gunung, pilihlah gunung-gunung yang tidak terlalu jauh dari domisili anda, *trus ada yg nanya, emang kenapa sih kalo gue langsung ke Gunung Gamalama di Ternate, suka2 gue keleus???”, selain untuk menghindari kelelahan juga untuk menghindari semisal kalo ada apa-apa lo masi dekat dengan tempat tinggal.

lalu pilihlah gunung-gunung yang tidak terlalu tinggi, ya gak apa-apa juga sih kalo langsung mau ke Everest, ya asal ga mati aja disana, ahahaha..

contoh real nya misal kalian yg tinggal di Jakarta ada beberapa pilihan destinasi yg pernah gue datengin:

1. Gn. Papandayan – Garut ( 2665 meter diatas permukan laut / mdpl)

2. Gn. Burangrang – Bandung (2050 mdpl)

3. Gn. Manglayang – Sumedang (1818 mdpl)

4. Gn. Gede – Bogor (2958 mdpl)

5. Gn. Pangrango – Bogor (3019 mdpl)

setelah menentukan destinasi, sebaiknya cari info sebanyak-banyak mengenai tujuan anda tersebut. yang paling gampang tanya mbah google, mengenai jalur pendakian, trek pendakian, syarat-syarat pendakian,dll. karena ada beberapa area yang mengharuskan pendaki mendaftar terlebih dahulu beberapa hari sebelum mendaki.

Tips – 2: Latihan Fisik

persiapkanlah fisik anda, naek gunung itu lo harus berjalan dengan medan menanjak terus menerus selama beberapa jam, membawa backpack berisi perlengkapan survival lo. that definitely isn’t an easy thing. so you must train yourself a little harder. minimal dua minggu atau seminggu sebelum naek, supaya fisik ga kaget nanti kalo mesti mengalami capek yg berlebih apalagi buat nyonyah-nyonyah sosialita Jakarta yg ga pernah capek-capek an. emang mesti ngapain sih?, ya ga usah yang terlalu berat-berat amat, yg biasa gw lakuin sih ini  lari-lari 30 menit atau lebih, seminggu 3x atau tiap hari. pokonya intinya bikin badan  berkeringat. work out brader work out.

kalo menurut gw ini penting banget, karena disana nyawa yg jadi taruhannya, kalo ga kuat disana, sakit diatas, untuk turunnya lagi juga jauh, dan bisa-bisa ya *amit-amit ini* keburu kenapa-kenapa. bukannya nakut-nakutin, mendaki gunung ini asyik banget, bukan hanya untuk yang fisiknya kuat-kuat, tapi buat siapa aja, asal  menyiapkan fisik dengan baik, kecuali emang yg terlahir sebagai gatot kaca, muahahha!

Tips-3. Siapkan Hiking Gears personal.

apaan sih Hiking Gears, hiking gears itu peralatan yg akan menghantarkan lo disana, supaya lo enjoy menikmati perjalanan dan juga safe. beberapa hiking gears yg wajib.

1. Backpack / Carrier bag

pilihlah backpack yang nyaman di punggung, yg memiliki sistem penyangga punggung yang baik, karena punggung lah yang menyangga beban itu berjam-jam.

rekomendasi merk yang biasa gw pake: Deuter (Germany brand), kalo merk lokal: Eiger.

buat ciwi-ciwi, pilihlah carrier bag yah kira-kira kapasitasnya 45 liter. itu udah lebih dari cukup untuk perbekalan perjalanan 3 hari 2 malam. kemudian saat memakai carrier, pakailah diatas pantat, dan eratkan tali bawah carrier ke pinggang dengan benar, karena ini sangat membantu punggung anda untuk tidak terlalu menopang berat carrier. dan saat berjalan akan terasa lebih ringan, karena sebagian berat carrier ikut disangga oleh pinggang, begitu juga dengan tali atas carrier yang berada pas di dada, eratkan juga tali tersebut. percaya deh beban carrier ga akan terasa banget saat jalan!

struktur carrier bag/ backpack

contoh struktur carrier bag/ backpack

 2. Sepatu hiking

Pilihlah sepatu hiking/trekking shoes yang memiliki sol vibram, atau grip yang bagus. karena saat jalan menanjak sepatu ini akan menahan kalian dari tergelincir. selain itu pilihlah desain sepatu yang bagian dalamnya “empuk” karena kaki adalah bagian tubuh utama yang digunakan untuk hiking. jadi pilihlah sepatu yang senyaman mungkin. tips lainnya pilih juga sepatu tipe middle boot atau boot. karena tipe ini sangat nyaman, menyangga engkel kaki kita dari terkilir. selain itu pilihlah sepatu yang memiliki bahan anti-air [waterproof], karena kalau sepatu basah saat mendaki itu sangat tidak nyaman, membuat badan cepat lelah. contoh bahan waterproof untuk trekking shoes adalah GoreTex.

kemudian jangan lupa memakai kaos kaki yang tebal, selain untuk kenyamanan kaki juga untuk menghatkan kaki. tipsnya, bawalah kaos kaki lebih dari satu. bawalah minimal 2 pasang kaos kaki. satu pasang untuk mendaki dan turun gunung satu pasang untuk tidur.

rekomendasi merk yang gw pake: Merrell (US brand), kalo merk lokal: Eiger.

trekking shoes - boot type

trekking shoes – boot type

trekking shoes - non boot type

trekking shoes – non boot type

trekking shoes - middle boot type

trekking shoes – middle boot type

 3. Sleeping Bag (SB) / kantong tidur

sleeping bag ini sangat penting, supaya saat istirahat malam, tidur anda nyenyak dan hangat, kalau tidurnya berkualitas (nyenyak & hangat) kondisi fisik akan kembali pulih setelah seharian berjalan. jadi sleeping bag ini penting sekali saudara-saudara.

Pilihlah sleeping bag yg berbentuk mumi. bentuknya mengikuti alur tubuh pengguna yang mengecil di bagian kaki, desain seperti ini dimaksudkan supaya mengikuti bentuk tubuh demi meminimalisir ruang kosong dalam SB sehingga lebih hangat.

Bahan lapisan dalam kantung tidur juga terbagi dalam dua jenis, yaitu bahan alami dan bahan sintetis. Untuk SB yang terbuat dari bahan alami memiliki tingkat kehangatan yang lebih baik ketimbang bahan sintetis. Selain itu beratnya juga lebih ringan dibanding sintetis, namun kekurangannya jika basah membutuhkan waktu lama untuk kering dan langsung kehilangan daya isolasinya. Harga nya pun lebih mahal dibanding SB yang berbahan sintetis.

Berdasarkan tingkat kenyamanannya, sleeping bag juga memiliki tingkatan yang berbeda-beda. Biasanya tingkatan tersebut berdasarkan jangkauan suhu ketika memakainya. Sebagai contoh, sebuah kantung tidur dengan tingkatan +20 menunjukkan bahwa sebaiknya digunakan pada suhu atau pada perjalanan yang bersuhu 20 derajat, lebih dari itu mungkin akan terasa gerah. Selain suhu tertinggi yang menjadi tingkatan SB, tiap sleeping bag juga diberi tambahan rating pada suhu terendah untuk tetap membuat nyaman penggunanya. Semakin rendah daya jangkau suhu pada kantung tidur, biasanya akan semakin canggih teknologi pembuatan dan bahannya dan tentu semakin mahal harganya🙂

sleeping bag bentuk mumi

sleeping bag bentuk mumi

tips membeli sleeping bag: carilah rekomendasi sebanyak-banyaknya. dan sesuaikan dengan budget anda. untuk kegiatan mendaki sebaiknya pilihlah sleeping bag yang memiliki ukuran (jika dilipat) tidak terlalu besar. tetapi tanpa mengurangi kualitas kenyamanan dan kehangatannya. biasanya sleeping yang [agak] mahal memiliki bentuk (jika dilipat) semakin kecil dan sangat hangat jika dipakai dicuaca dingin.

tips dari gue: kalau hanya untuk mendaki gunung-gunung di indonesia saja. merk lokasl Eiger sudah cukup. CMIIW!

4. Jaket 

Rasanya setiap orang pasti sudah tahu bentuk Jaket. tips singkat saja, untuk mendaki sebaiknya bawalah jaket yang memiliki bahan dalam polar dan bahan luar anti air. banyak sekali brand-brand yang mengeluarkan jenis jaket seperti itu, merk lokal maupun luar banyak.

5. Celana Trekking

Pakailah celana trekking yang ringan dan cepat kering (quick-dry), kalau kalian2 ke toko yang menjual peralatan mendaki, pasti banyak. biasanya celana ini memiliki banyak kantong. kenapa sih harus ringan dan cepat kering, lagi-lagi karena pada prinsipnya, peralatan yg dibawa itu jangan sampai memebebani terlalu banyak, karena badan akan mudah kelelahan. selain itu jika kehujanan celana ini akan cepat kering, dan tidak berat. thats it!

celana quick dry

celana quick dry

6. Jas Hujan

Jas hujan ini penting, karena cuaca diatas gunung sana tidak ada yang bisa menebak, jadi siapkan Jas Hujan.

Pilihlah jas hujan yang [lagi-lagi] ringan, dan jas hujan two pieces (celana + baju), tidak direkomendasikan jas hujan berbentuk ponco, karena saat dipakai berjalan bisa tersangkut ranting, atau terinjak kaki sendiri.

7. Sarung Tangan & Balaclava

Pilihlah sarung tangan yang memiliki bahan dalam polar supaya hangat. FYI ya malah hari dan pagi hari diatas sana itu dingin. dinginnya ga tanggung-tanggung, menyerang seluruh tubuh. jadi jagalah seluruh bagian tubuh kalian dari kedingingan. kenapa? karena kondisi terburuknya kalau tubuh kalian kedingingan adalah terserang hypothermia (artinya cari aja di gugel), kalo udah hypothermia ya bisa2 meningal dunia (naudzubillah).

Balaclava juga penting, karena angin biasanya bertiup kencang dan dingin, serasa menampar2 pipi dan wajah. jadi balaclava ini penting.

sarun tangan

sarun tangan

balaclava

balaclava

 8. Peralatan Makan, bahan makan, Tenda & Matras

Biasanya peralatan makan  & tenda ini menjadi peralatan yg dibawa perkelompok. contohnya nesting, kompor, dll.

kompor yang digunakan biasanya kompor portable (yaiyalah) dengan bahan bakar gas dalam tabung kecil. untuk tenda pilihlah sesuai budget dan kebutuhan. jangan lupa pilih tenda yang ringan dan kokoh.

nesting

nesting

kompor

kompor

tenda-dome

tenda-dome

untuk bahan makanan, bawalah sesuai selera, jangan terlalu banyak dan jangan terlalu sedikit. hindari bahan makanan yang waktu pengolahannya terlalu lama karena tentu saja nanti keburu pingsan kelamaan nunggu makanan matang dan juga menghabiskan stok bahan bakar gas anda. hahaha!

kemudian bawalah AIR MINERAL/AIR PUTIH sesuai kebutuhan anda. jika diatas gunung nanti terdapat sumber mata air anda tidak perlu khawatir kehabisan air, tetapi kalau tidak ada mata air sama sekali ya anda harus membawa persediaan air dari naik sampai turun plus air untuk masak.

9. Obat-obatan pribadi

ini juga gak kalah penting, bawalah obat-obatan pribadi anda. dan juga obat-obatan standard, seperti perban dan antiseptik untuk luka.

10. perkakas standard

kayanya istilah perkakas kurang pas ya hahaha, yang dimaksud itu seperti gunting,pisau lipat, senter,baterai senter,pembuka kaleng, dll.

TIPS-4. PACKING

packing ini sangat menentukan bawaan anda terasa ringan atau berat, sumpah deh. coba perhatikan gambar dibawah ini gaess:

tips packing

tips packing

tips packing

pokoknya lipatlah segala sesuatu sekecil mungkin sehingga menghemat space carrier anda. letakkan jaket dan jas hujan dibagian paling atas carrier anda. karena sewaktu waktu hujan atau kedinginan bisa cepat diambil.

letakaan air minum di pojok carrier anda sehingga membantu menyangga bentuk carrier. obat-obatan letakkan dikantong depan carrier anda atau kantong atas, pokoknya yg gampang diraih.

Manfaat Mendaki Gunung

lalu muncul pertanyaan, “ah ngapain sih ribet banget naek gunung, berat, capek, bahaya lagi”, gue juga dulu pernah mikir kaya gitu, ternyata pas nyobain sendiri, ajegile, dahsyat!! cobain sendiri dulu deh, kalo kapok, ya at least pernah nyoba, tapi gw jamin ketagihan! trust me!.

kalo menurut gue mendaki gunung itu suatu kegiatan yang sangat berbeda, gue merasa sangat hepi sebelum,saat mendaki,dan sesudah mendaki. ga ada rasa berat untuk melakukan hal itu, yang ada semangat yang menggebu2, karena gue akan merasakan sensasi luar biasa. sejauh ini dalam kehidupan gue belom ada kegiatan *hobi* yang lebih menyenangkan dari mendaki gunung.

mendaki gunung ini sangat menyehatkan badan lho sodara-sodara. tapi inget, latihan fisik dulu sebelum pergi. sehabis mendaki gunung biasanya gue akan mengalami penurunan berat badan, which is a very good thing for me, olahraga yang menyenangkan bukan. kegiatan ini juga melatih otot-otot jantung, pernapasan. terus ada hal yang lebih penting lagi, ‘some people succeed in knowing themselves by doing this thing’, mendaki gunung itu kan biasanya ga sendiri ya, disana akan terlihat kepribadian masing-masing orang, mana yang oportunis, mana yang peduli sama teman, atau lingkungan, dan macem-macem, kalo di kota kan semua orang akan berusaha gimana caranya supaya terlihat memiliki kepribadian yang baik, coba lo rasain naek gunung, pasti sifat-sifat asli manusia keluar semua. dan biasanya kita jadi sadar pentingnya teman, betapa berharganya teman, dan bahwa kehidupan didunia ini bukan hanya untuk survive sendiri, tapi juga harus bermanfaat untuk orang lain. i love my hiking buddies, they taught me everything undirectly.

dan manfaat yang paling gue rasain dari mendaki gunung adalah… yea i met him. my husband now. it was such an incredible story of how we met. hahaa udah ah curcolnya

oke guys, sekian tips yang bisa gw bagikan sesuai pengalaman gw selama ini. seluruh gambar diambil dari Google. thanks mbah! *kecuali gambar dibawa ini*

semoga bermanfaat dan selamat mendaki! ciao!!!

2 comments

  1. Dina · November 7, 2014

    Keren banget lae. Kind a cool tips for beginner, like me, I wish.
    Keep writing. Btw, emang lu juga pake balaclava, lae?

    • theuntitle · November 7, 2014

      hahahaa.. kaga lae. kan kita udah pake kerudung jadi kuping sama pipi udah anget, paling kalo gw pake masker buat nutupin hidung ajah. huehee.. ayok2 kita brangkat.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s