beautiful Rinjani

Assalamualaikum people, mau bagi-bagi ceritaa lagi nih.. akhir bulan juni 2013 kemaren saya bersama teman2 sehobi seperkumpulan melangkahkan kaki ke pulau lombok untuk mengagungi keindahaan alam gunung Rinjani. Subhanallah betul-betul indaaaaaahhhhhhh. another breathtaking view karya Tuhan yang Maha Kuasa.

kami berangkat menggunakan transportasi darat. dari bandung menggunakan kereta menuju Solo dan dilanjutkan dari Solo menuju Banyuwangi, dari stasiun Banyuwangi kami berjalan kaki menuju pelabuhan Ketapang yang jaraknya tidak jauh dari stasiun. dari Pelabuhan Ketapang dilanjutkan menggunakan moda transportasi Bus dan kapal feri menuju terminal Ubung- Bali. dari terminal Ubung dilanjutkan menggunakan mobil sewa menuju pelabuhan Padang Bai, kemudian disambung dengan kapal feri sampai ke pelabuhan Lembar Lombok. dari pelabuhan Lembar dilanjutkan menggunakan mini bus Elf menuju Aikmal (poin sebelum menuju basecamp Sembalun). fiuuhh memang perjuangan menggunakan transportasi darat cukup membuat berkeringat, tetapi disitulah seninya adventuring. kalau sekedar naik pesawat bagi saya sudah sangat biasa dan alhamdulillah cukup sering, tapi naik kereta dari ujung barat pulau jawa sampai ujung timur pulau jawa itu yang belum pernah saya coba. *hidup itu memang pilihan*.

at Solo train station

at Solo train station

perjalanan darat dari bandung sampai ke Aikmal memakan waktu 2 hari 2 malam dan banyak sekali cerita dan pengalaman yang saya dapat. mulai dari berhadapan dengan calo-calo di terminal/pelabuhan, panik ketinggalan bus, dll.

kemudian dari Aikmal ke basecamp Sembalun (pos pendaftaran) kami lanjutkan menggunakan mobil pick-up. perjalanan ke basecamp Sembalun ditempuh kurang lebih 1.5 – 2 jam *kalau tidak salah*. dengan diterpa angin dingin dan pemandangan langit yang sangat sangat indah karena waktu itu sedang full moon, sampailah kami di basecamp sembalun kira2 pukul 9 malam. sesampainya disana sudah bukan jam operasional pos pendaftaran, kami bermalam disana karena tersedia beberapa spot yang bisa digunakan untuk bermalam, tentu saja menggunakan sleeping bag sendiri :p

Sembalun Gate

Sembalun Gate

pagi hari setelah masak2 untuk sarapan dan mendaftarkan diri kami mulai melangkahkan kaki meniti jalan untuk menemui keindahan itu, hari pertama trek yang kami lewati berupa padang savana. kondisi medan cukup bersahabat namun cuaca saat itu sangat panas. saya sarankan memakai sunblock dan tidak lupa membawa sun glasses. dikarenakan cuaca sangat panas otomatis perbekalan air harus diatur sedemikian rupa. start dari pos pendaftaran jam 9.30 pagi, sampai di pos 3 pukul 16.00. kami bermalam di pos 3 sambil menikmati langit penuh bertabur bintang.

savanaaaaa

savanaaaaa

pagi hari kami melanjutkan pendakian, kali ini medan yang dilewati sudah terjal, orang-orang memberi nama medan ini dengan sebutan “bukit penyesalan”, kenapa disebut seperti itu? ya karena medan ini berupa bukit cukup terjal kemudian setelah selesai mencampai puncak satu bukit kalian akan menemui bukit selanjutnya dan selanjutnya dan selanjutnyaa. jadi tetap semangat karena diatas langit masih ada langit dan dibalik bukit masi ada bukit :p. kami sampai di camp plawangan sembalun sekitar pukul 16.00, cuaca saat itu gerimis makin menambah dingin. dari Plawangan Sembalun ini kami sudah bisa melihat danau segara anak. Subhanallah. menakjubkan. malam pun tiba kami bersenda gurau untuk menghangatkan udara yang sangat dingin. pukul 21.00 kami semua memutuskan untuk masuk kedalam tenda, beristirahat untuk menyiapkan diri menuju puncak rinjani.

pukul 02.00 kami bersiap-siap untuk menuju puncak Rinjani, masker, jaket tebal,sarung tangan, senter, tidak lupa mengisi perut terlebih dahulu supaya tidak kehabisan energi. sekitar pukul 2.30 kami berdoa bersama-sama untuk kelancaran pendakian menuju puncak ini. medan yang kami lewati adalah tanjakan berpasir, sangat melelahkan, melangkahkan kaki 3 langkah, turun 2 langkah, begitus seterusnya, dengan kemiringan yang cukup mematikan. tetapi semua itu terbayar dengan keindahan Rinjani yang kami peroleh akhirnya setelah tiba di puncak. mengharukan akhirnya kami tiba di puncak Rinjani sekitar pukul 7 pagi, begitulah semua lelah terbayarr lunaaassss….. Rinjaniii ajiiiiiiiiiiiiibbbbbbbbbbbb.

kemiringan trek menuju puncak

kemiringan trek menuju puncak

the view of Segara Anak Lake from the top of Mt. Rinjani

the view of Segara Anak Lake from the top of Mt. Rinjani

beautiful Rinjani

beautiful Rinjani

sekian cerita dari Rinjani, kalo mau liat yang lebih indah lagi langsung aja sambangi Rinjani, i promise you, they will serve you with beutiful things you will never forget. ciao!

see you again beutiful

see you again beutiful

 

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s