Rhaksasa Jawa Barat! Gunung Ciremai 3078 mdpl

yoyoww whatsup bro! saya mau cerita nihh long weekend kemaren 16-18 november abis hiking ke Gunung Ciremai di Kuningan Jawa Barat.setelah vakum hampir 2 tahun ga hiking kemana-mana. Alhamdulillah akhirnya bisa menginjakan kaki di puncak tertinggi di Jawa Barat.

okey, jadi saya berangkat bersama adik2 kelas saya di kampus saya dulu, jadi di himpunan mahasiswa kami, terbentuk organisasi pecinta alam juga, khusus anak2 jurusan kami, kalo organisasi pecinta alam se-kampus ada lagi, tapi saya tidak ikutan karena saya merasa lebih nyaman dengan teman2 sejurusan. jadi saya yang sudah alumni ini dikabari bahwa mereka akan ke Gunung Gede *rencana awal*, okeh sip saya semangat sekali karena sudah lama tidak hiking, manusia memang bisa merencanakan tetapi Tuhanlah yang menentukan, apabole dikata 2 hari sebelom keberangkatan saya dapat kabar bahwa Gunung Gede-Pangrango sudah kebanyakan peserta yang mendaftar untuk mendaki di tanggal itu jadi kami tidak kebagian jatah mendaki. akhirnya plan B diambil, yaitu ke Gunung Ciremai, karena apapun yang terjadi kami harus tetap jadi hiking! HAH!

akhirnya dengan semangat menggebu membara, berangkatlah saya kebandung *meeting point*, saat itu bandung sedang badai, kami pun resah akan keberangkatan ini karena ada kabar bahwa Ciremai ditutup karena cuaca, ah tapi karena tekad kami sudah bulat hujan pun berhenti dan kami putuskan untuk tetap berangkat, tetapi diundur esok harinya saja *sabtu 17 nov*. kami pun semua bermalam di himpunan kami tercinta.

Alhamdulillah sabtu pagi yang cerah, kami sumringah melihat cuaca! jam 8 kami berangkat ke terminal Caheum. dari Caheum kami naik bis AC Bandung-Kuningan dengan  ongkos Rp.20.000 saja perorang, untuk jarak sejauh itu, saya sampe heran kenapa perjalanan yg ditempuh dalam waktu 4 jam ongkosnya hanya segitu saja. *sekali lagi Alhamdulillah*, pukul 13.00 tibalah kami di terminal Cikijing, dari situ kami menyewa 2 mobil pick-up untuk mengantar kami sampai pos pendaftaran, jarak yang ditempuh sekitar 20 menit. dengan pemandangan alam yang luar biasa indah dan asrinya. harga sewa pick-upnya kami membayar perorang Rp.5000 saja T_T *murah sekali*, di pos pendaftaran kami harus mengisi nama dan asal di buku tamu, dengan membayar Rp.10.000/orang kami diberikan tiket masuk Taman Nasional Gunung Ciremai.

pos pendaftaran

pos pendaftaran

setelah selesai registrasi kami diantar pick-up lagi sampe pos pendakian *bayar Rp.5000 lagi* medan yang dilewati cukup mengerikan dengan jurang di kanan atau kiri. wohooo. 15 menit perjalanan kamipun sampai di kaki gunung Ciremai tempat Pos-0 pendakian. saat itu waktu sudah menunjukan pukul 15.30 WIB, kami berdoa sebelum memulai pendakian. semoga kami semua 21 orang selamat sampe kembali kerumah masing-masing.

  • Pos-0 ke Pos-1

Pendakian kami mulai dari Pos-0 ke Pos-1 dengan waktu tempuh 25-30 menit. medan yang dilalui belum terlalu berat. elevasi juga belum terlalu tinggi, kira2 baru 5-10 derajat. setiap 15 menit sekali teman kami yang jadi time-keeper menginstruksikan untuk beristirahat 2 menit, sekadar untuk meneguk air dan menggigit coklat/gula merah yang kami kantongi sengaja untuk menambah energi

  • Pos-1 ke Pos-2

Kami beristirahat di Pos-1 sekitar 5 menit, karena bertemu dengan pendaki lainnya yang baru saja turun. pendakian ke Pos-2 ditempuh dalam waktu 1.5 jam, alam sudah mulai menunjukkan keperkasaannya. kami saling menyemangati satu sama lain. karena ada juga diantara kami yang baru pertama kali ini naik gunung. didalam rombongan ini wanitanya hanya saya dan satu adik kelas saya. jadi kami juga saling menyemangati.medan sudah terjal tanpa kompromi. ritual istirahat 2 menit setiap 15 menit sekali masih kami terapkan agar stamina tetap terjaga. dengan semangat kami pun sampai di pos-2

  • Pos-2 ke Pos-3

di setiap pit stop pos kami beristirahat agak lama yaitu 5 menit. pendakian dilanjutkan saat itu langit sudah gelap, kami semua mengeluarkan senter. pendakian menuju Pos-3 ditempuh dalam waktu kurang lebih 1.5 jam juga, hujan rintik mulai turun, hawa dingin sudah mulai menusuk tulang, tetapi candaan dan tawaan kami tidak hilang untuk melupakan rasa lelah. medan terjal kami lewati dengan gegap gempita *caelah*

  • Pos-3 ke Pos-4

sesampainya di pos-3 seperti biasa kami istirahat 5 menit. bersenda-gurau, saling ejek, saling puji, pokonya yang ada hanya tawa. pendakian ke pos-4 ditempuh dalam waktu 1 jam medan masih sama terjalnya. kami makin saling menyemangati satu sama lain. ada juga diantara kami yang kakinya mulai keram, tentu kami langsung berhenti untuk menolongnya. intinya kami tidak perlu cepat-cepat yang penting semua anggota kami selamat bisa sampai menuju puncak. tetapi tidak lama-lama juga karena malam makin dingin.

  • Pos-4 ke Pos-5

setelah beristirahat di pos-4 semangat kami terbakar lagi karena mengingat akan menuju pos-5 pos terakhir sebelum puncak. perjalanan ditempuh kurang lebih 1 jam. dan dengan riang gembira akhirnya kami sampai di pos-5. puji syukur alhamdulillah kami semua selamat sampe ke pos-5 kira-kira pukul 21.00 WIB. kami langsung membagi tugas, ada yang mendirikan tenda ada juga yang mencari kayu bakar. *ini gaya bahasa saya kenapa jadi kaya cerita di buku bahasa indonesia anak SD wakakak*.

pendakian

pendakian

, setelah melepas lelah sejenak kami pun mulai menyalakan kompor-kompor parafin untuk masak.. huhuuu makan-makan isi perut kenyang.. main-main didepan api unggun,btw saya juga ga tau kenapa dinamain api unggun, apa arti kata unggun itu sebenarnya pemirsa??, wkwkkwk.. jam 11an kami langsung menyusup kedalam tenda-tenda masing-masing. saya berdua dengan adik kelas saya tidur ditenda kecil yang sudah disiapkan, huhuu tersanjung <“:. sebelum tidur tidak lupa kami berdoa supaya bisa bangun jam 3 untuk melanjutkan pendakian menuju puncak untuk menyaksikan sunrise….

tererettt jam 3 paagi pun cepat sekali datangnya, badan masi agak sedikit manja, akhirnya setelah semua bangun, jam 4 kami berangkat menuju puncak *kaya theme song AFI, menuju puncakk…impian dihatii…haha*. pendakian ke puncak ini membutuhkan waktu kurang lebih 2 jam dengan medan yang sudah sangat terjal, bukan tanah lagi melainkan sudah batuan,. wuuh bayangkan mata masih sepet tapi harus sigap mendaki batuan-batuan yang kalo ga hati-hati melangkah bisa menimpa diri kita sendiri. kami ber-21 sangat antusias menuju puncak tertinggi se-jawabarat land ini, wohooo!.

2 jam pendakian sampailah kami di PUNCAK CIREMAI brayyy!!!!! Subhanallah walhamdulillah Allahuakbar… walopun akhirnya kami tidak kedapatan menyaksian matahari terbit karna kami sampai dipuncak sudah pukul 6 pagi tapi kami tetap bersyukur sudah diijinkan Yang Maha Kuasa untuk bisa menyaksikan keindahan ciptaannya dimuka bumi ini. hamparan awaannn dengan background langit biru dimana-mana. angin dingin bertiup kencang bikin kami semua menggigil. satu kata buat puncak ciremai, yaitu TOP!!!!

puncak ciremai

puncak ciremai

tanpa banyak cas cis cus kami langsung sigap untuk mengabadikan momen berharga ini (baca: putu-putu) hahhaaa..

gunung Ciremai ini masih termasuk gunung yang Aktif, gunung bertipe Strato ini memiliki kawah *bekas letusan* menambah semarak pemandangan alamnya.untuk mencapai puncak Gunung Ciremai ini bisa dicapai melalui 3 jalur pendakian, Jalur Apuy (jalur yang kami pilih), Jalur Palutungan, dan Jalur Linggarjati, saya juga ga tau deh dimana saja start awalnya jalur-jalur itu selain jalur Apuy. hohoo..

setelah puas menikmati keindahan alam puncak ciremai, dan tentu saja puas berfoto-foto, pukul 8 kami putuskan untuk turun ke pos-5, karna perut sudah keroncongan, perjalanan turun dari puncak ini terlihat sulit, karena jalur yang sudah kami lewati saat naik tadi subuh memang sulit. tapi Alhamdulillah bisa kami lalui dengan selamat, dalam waktu 1 jam *lebih cepat* kami sampai di pos-5, pos camp kami. tanpa basa-basi kami langsung masakkkk..

Pukul 11.00 setelah semua dibereskan, kami berangkat untuk turun. jalurnya masih sama seperti jalur saat kami naik. bismillah.pos-5,pos-4 aman! tapi hujan deras badai menerjang kami saat kami sampai di pos-3. apaboleh buat, kami tidak bisa berhenti, karena bisa-bisa kami kendinginan. akhirnya dengan semangat 45 tanpa istirahat dari pos-3 langsung dihajar sampai ke pos-1. alhamdulillah walopun dengan sedikit banyak ada yang terpeleset atau tergelincir kami semua sampai di pos-1 pukul 13.00 WIB (3 jam saja), dari pos-1 ini kami lanjutkan ke pos-0, dan segera menelepon petugas penjaga pos pendaftaran untuk minta dikirimkan pick-up.ternyata pick-upnya lama sekali padahal kami semua sudah basah dan kedinginan hahah!, baru jam 16.00 dua pick-up datang menjemput untuk mengantarkan kami sampai pasar Maja. tidak lupa melapor dulu di pos pendaftaran bahwa kami semua selamat dan utuh. Pukul 18.30 dengan menyewa ELF kami pulang menuju bandung. ALHAMDULILLAH ya Allah semuanya berjalan lancar.

kenapa sih mesti susah-susah hiking? kenapa ga ke pantai aja gitu yang gampang atau main air di waterpark, atau ke dufan atau kemana yang gampang dijangkau kendaraan. buat saya hiking itu mendatangkan sensasi yang luar biasa. emang sih kalo belom pernah ngebayanginnya bakalan gimana-gimana, tapi kalo udah dicobain sekali dijamin pasti ketagihan.

banyak banget pelajaran yang bisa diambil dari kegiatan naek gunung ini menurut saya, ya pertama Fisik dilatih, mental juga,team work, kalo digunung sifat asli orang itu pasti keluar semua, hahah! mana yang emang oportunis mana yang suka menolong,dll. dan yang paling penting sih, kegiatan hiking ini kaya simulasi kehidupan kita bray! naik gunung itu keliatannya susah,tinggi,berat,terjal, dan sama kaya jalan hidup,Tuhan bikin juga ga mudah untuk dilalui buat kita untuk menggapai suatu cita-cita, tapi itulah hidup, kita harus memberanikan diri untuk melangkah dan tetap melangkah untuk semakin menuju impian kita, kaya hiking, seberat apapun waktu mendaki kita harus tetap melangkahkan kaki ga boleh diem, karena kalo diem otomatis kita ga nyampe-nyampe dan bisa2 kita mati kedinginan. begitu juga hidup men!sebesar apapun rintangan untuk mencpai impian hidup atau cita-cita kita, kita harus tetap melangkah. coz there’s nothing worth having is ever easy.

naik gunung itu butuh kerja keras, tekad kuat, sama kaya hidup kita. semua orang boleh punya cita-cita dan impian, tapi hanya dia yang melangkah mengejar cita-citanya yang akan meraihnya. Naik gunung, ga semua yang naik gunung harus yang fisiknya kuat macem gatot kaca,semua orang bisa, yang terpenting itu adalah mental dan pikiran lo, kalo lo bilang lo bisa sampe puncak dan juga sampe turunnya lagi pasti bisa. jangan pernah berpikir untuk menyerah. yakini diri sendiri bahwa kita bisa. tentunya dengan persiapan matang sebelum berangkat. pokonya buat saya naik gunung itu melatih kita untuk menghadapi kesulitan-kesulitan. bahwa semua yang kita pengenin itu harus kita usahakan dengan keras.

oiya jangan lupa menikmati pendakian lo, buat apa cape-cape mendaki kalo ga dinikmati. kalo buat saya mendaki itu ya tujuannya untuk mendapatkan kesenangan yang ga didapat dari kegiatan lain. hidup ini juga begitu, emang kita harus kerja keras untuk meraih cita-cita kita tapi jangan lupa perjalanannya dinikmati.

untuk menggapai cita-cita itu juga tidak dalam waktu sekejap. everything takes time but the problem is, people easily give up when they don’t see the result instantly. and life is all about taking risks, if you never take risks then you will never know what you’re capable of. jangan takut untuk melangkah. karena dengan melangkah puncak akan semakin dekat semakin dekat dan semakin dekat. mulailah melangkah untuk semakin mendekatkan lo dengan impian lo!

IT’S NOT THE MOUNTAIN THAT WE CONQUER, BUT OURSELVES! 

Atas nama Tuhan,Bangsa, dan Almamater!! MERDEKA!!

Salam hangat dari 3078 mdpl

untuk Tuhan,Bangsa,dan Almamater, MERDEKA!!!

6 comments

  1. Si Petualang · November 24, 2012

    Caught your beautiful picture on it!! I envy on you.
    Hope I get a chance to climb like you, someday. Couldn’t have my mom’s permission yet
    ^^. Enjoy your time. I should find mine..

    • FITRITERRA · November 26, 2012

      thanks beibeh… wish i had a great hiking time with you too someday… ^.^

  2. komunitas satubumikita · December 7, 2013

    mantapp..salam kenal dari komunitas di bandung🙂

  3. ivi · April 12, 2015

    kak , persiapan untuk mendaki apa aja ? alat2nya mksdku? aki ingin mencobanya kak

  4. Herman Putra · May 25, 2015

    Salam Rimba…..kawan

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s